Kasus Sampah Kali Krukut, Pentingnya Pendidikan Sadar Lingkungan

Kamis, Januari 31, 2019 abesagara 18 Comments


Bagaimana perasaanmu saat melihat foto diatas? Mungkin kamu akan merasa miris. Disaat kita berusaha membuat lingkungan menjadi lebih baik, segelintir orang justru mau merusaknya.

Bagaimana tidak miris, melihat ada seorang pria dengan sengaja membuang sampahnya ke dalam sungai yang sedang dibersihkan oleh petugas UPK Badan Air DKI jakarta.

Kejadian ini terjadi di Kali Krukut Bawah, Kebon Dalam, Kecamatan Tanah Abang. Saat petugas sedang membersihkan sungai, tiba-tiba ada seorang warga yang dengan sengaja membuang sampahnya ke sungai, tepat di hadapan petugas kebersihan.

Berdasar laporan dan bukti foto yang ada, Dinas Lingkungan Hidup DKI langsung bertindak cepat memproses pelaku buang sampah sembarangan tersebut.

Dikutip dari akun instagram @upkbadanairdlhdki, Pelaku dikenai sanksi administratif (denda) berdasarkan Perda No. 3 Tahun 2013 tentang pengelolaan sampah.

Pelaku pembuangan sampah sembarangan segera di prose oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta (foto instagram @upkbadanairdlhdki)
Kejadian di atas saya rasa sudah cukup mewakili bahwa ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengerti akan pentingnya konsep sadar lingkungan, sehingga mereka bersikap tidak peduli.

Padahal, jika masyarakat memahami dampak membuang sampah sembarangan di sungai, saya yakin kejadian seperti ini tidak akan terjadi.

Sadar lingkungan berarti kesadaran untuk mengarahkan sikap dan pengertian masyarakat terhadap pentingnya lingkungan yang bersih, sehat, dan sebagainya.

Dalam UU No.32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup disebutkan bahwa salah satu hak masyarakat adalah mendapatkan pendidikan lingkungan hidup.

Mestinya dinas terkait sudah melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai konsep sadar lingkungan kepada masyarakat. Namun untuk menanamkan jiwa sadar lingkungan ini juga tidak bisa dilakukan secara instan.

Edukasi harus dilakukan secara bertahap dan terus-menerus agar masyarakat tidak hanya sekedar mengetahui, tetapi juga memahami pentingnya sadar lingkungan demi kesehatan dan kesejahteraan mereka sendiri.

Maka dari itu, pendidikan sadar lingkungan perlu diaplikasikan sejak dini, sejak anak-anak, agar konsep sadar lingkungan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat kita.

Pendidikan sadar lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Masyarakat yang sudah memahami dan mengimplementasikan konsep sadar lingkungan juga harus ikut mengedukasi masyarakat di sekitarnya.

Kejadian di Kali Krukut ini mungkin untuk sementara dapat membuat masyarakat sekitar tidak lagi berani membuang sampah sembarangan di sungai.

Kenapa? karena masyarakat telah melihat sendiri bahwa hukuman denda untuk pelaku buang sampah sembarangan ternyata benar adanya. Bukan sekedar wanti-wanti saja.

18 komentar:

  1. Kynya kurang kesadrn pribadi..sdh jd kebiasaan turun temurun.. Ssh diksh tau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, etika nya juga gak bener, kurang pendidikan moral kyknya

      Hapus
  2. Perang ini tidak akan pernah berakhir, hitam dan putih tidak akan pernah bersatu, ibarat sebuah konten yg ada di internet, Adanya konten yg mendidik karena banyak moral yg rusak, tak ada moral rusak maka tak ada konten yg mendidik nanti nya

    BalasHapus
  3. merubah kebiasaan masyarakat itu suliit memang, semoga dengan adanya denda bisa kapok dan masyarakatnya bisa jadi belajar deh

    BalasHapus
  4. Tidak menghargai profesi orang, sudah tahu ada yang lagi kerja eh teganya gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, kasian itu liat muka bapak petugasnya

      Hapus
  5. Iya nih, ini yang baru2 ini sempat viral itu kan fotonya. Saya juga miris banget mas liatnya, apa lagi di depan petugas kebersihannya langsung.
    Semoga masyarakat kita makin sadar deh soal menghargai profesi orang dan makin sadar pentingnya tidak membuang sampa sembarangan. Nanti kalau udah banjir baru nyalahin pemerintah

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia mas, ntar banjir nyalahin pemerintah api ga ngaca diri sendiri udah bener belom. Hadehh

      Hapus
  6. Hahahaa...
    Aduh membayangkan orang main lempar sampah di depan petugas itu rasanya kok pengen dijitak.
    Kalau banjir menyalahkan pemerintah ya, padahal diri sendiri tidak menjaga.

    BalasHapus
  7. Penanaman kebiasaan nggak nyampah sejak dini bener2 perlu dan lebih perlu lagi diteladankan oleh ortu/guru. Seriiiing lihat ortu yang lagi bawa anak kecil malah nglempar sampah ke mana-mana. Guru pun ada. :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, pendidikan paling penting ya dari orang tua harusnya.

      Hapus
  8. Kayaknya sakit jiwa ya, masa ada petugas kebersihan malah sengaja buang sampah di kali. Kesadaran untuk disiplin membuang sampah pada tempatnya memang harus dikenalkan sejak kecil, kalo gak gitu ya begini deh jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, sudah gila emang itu orang .gak ada sadarnya blass

      Hapus
  9. Nah kesadaran untuk menjaga lingkungan masih belum mendarah daging dimasyarakat kita, selain itu jangan lupakan infrastruktur penunjang agar masyarakat tidak membuah sampah sembarangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mas, kadang kita sudah sadar, tapi tong sampahnya gak ada

      Hapus