Full width home advertisement

Jurnal Perjalanan

Self Note

Post Page Advertisement [Top]


Belakangan ini banyak orang yang ingin bekerja sesuai passion karena katanya kerja sesuai passion itu nikmat, jadi gak berasa kerja. Ah kata siapa? Gak berasa kerja itu impossible kecuali kamu passionnya nanem saham.

Banyak orang mengaku punya passion di bidang desain grafis atau penulis, tapi belum tentu 'deadline' juga jadi passionnya. Proses 'kenikmatan' saat melakukan desain bakal terganggu oleh adanya deadline yang mencekik, lalu seketika itu merasa 'design is not my passion'. Ada yang kayak gini? Banyak.

Menurut Cambridge Dictionary, 'Passion; something that you are strongly interested in and enjoy'. Contoh gampangnya, pacaran juga sudah bisa disebut passion karena pacar kita merupakan sesuatu yang we are strongly interested in and enjoy. Iya nggak?

Kerja sesuai passion berarti harus siap dengan segala konsekuensinya, jangan asal pengin enaknya saja. Banyak yang mengejar passion justru malah gagal ditengah jalan karena tidak komitmen.

Semua pekerjaan pasti ada enak dan enggak enaknya. Kerja sesuai passion memang bisa nge-boost kinerja, tetapi apakah nanti kita bisa tetap enjoy ketika kita dihadapkan dengan banyak rintangan yang menghadang? Atau malah justru kita memilih melarikan diri dengan mengejar passion yang lain?

Baca juga: Jadilah Pengangguran Yang Produktif

Passion itu tidak saklek, passion bisa diciptakan dan bisa berubah menyesuaikan situasi dan kondisi, passion itu fleksibel. Banyak dijumpai orang yang 'labil passion', misal sekarang passionnya sebagai penulis, bulan depan passionnya jadi fotografi. Itu karena mereka sudah menemukan titik jenuh. Atau mungkin mereka tidak bisa membedakan antara passion dan keinginan belaka.

Jadi, jika kita merasa belum bekerja sesuai passion, coba ciptakan passion kita sendiri yang berkaitan dengan pekerjaan kita sekarang, ciptakan sesuatu yang bisa membuat kita enjoy saat melakukan pekerjaan kita sekarang sehingga kita bisa menyebut diri kita 'bekerja sesuai passion'. Kalau masih nggak bisa enjoy, boleh lah resign.

Kunci dari passion adalah kata "interested" dan "enjoy". Kita ngelamar posisi kerja sekarang ini kan karena dulu kita "interested" baik dengan posisinya, jobdesc, lingkungan kerja atau gajinya. Setelah diterima, kita bisa bertahan sedemikian rupa karena kita 'enjoy' dengan benefit dari kerjaan tersebut.

Intinya sih kalau ngejar passion gak akan ada habisnya, yang jelas kita harus pandai-pandai bersyukur dengan apa yang kita miliki sekarang.

Jadi, apakah sekarang ini kamu sudah bekerja sesuai passion?  (Sgr)

Foto muka: care2.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib