Full width home advertisement

Jurnal Perjalanan

Self Note

Post Page Advertisement [Top]


Hari sudah sore, saatnya melakukan kebiasaan 'kopi sore' saya. Menikmati kopi di sore hari sambil baca koran dan menghisap rokok, betapa nikmat hidup ini.

Tetapi, sore ini saya tidak begitu ingin kopi hitam yang strong, cuma ingin menikmati kopi yang smooth-smooth saja. Salah satu yang memenuhi persyaratan tersebut adalah latte dan cappuccino. 

Sekarang ini saya lagi kere-hore alias ga punya uang, biasa lah, tanggal tua (sebenernya sih tiap hari berasa tanggal tua). Saya ingin minum cappuccino tapi tanpa harus pergi ke Cafe, mahal euy

Setelah buka-buka beberapa buku tentang kopi di rak buku saya, akhirnya saya menemukan satu cara membuat cafe latte sederhana tanpa espresso maker dan steamer. Mau tau caranya? Begini nih,

Pertama yang harus dilakukan adalah membeli susu kemasan rasa plain (bukan susu sachet), yang UHT itu lho, di minimarket pasti ada.


Kedua, siapkan kopi tubruk hitam, namun kali ini kopinya ngga sembarang tubruk, kopinya dibuat dengan metode saring / drip. Biasanya sih pakai V60 atau Vietnam drip. Tapi kalau tidak punya, cukup di saring saja kopi yang sudah di seduh tubruk tadi agar tidak ada ampasnya.


Ketiga, rebus susu UHT rasa plain yang tadi sudah dibeli sampai benar-benar mendidih, kemudian masukkan setengah dari rebusan susu tadi ke termos kecil, tutup rapat kemudian dikocok-kocok dengan cepat sekitar 30 detik. 

Setelah proses pengocokan itu, nanti susu akan muncul busanya. Nah busa ini nanti ditaruh di paling atas kopi. Karena itu, pisahkan dulu antara busa dan susunya.


Keempat adalah penghidangan, sekarang susun kopi, susu, dan foam susu dengan perbandingan masing-masing 1:3. Cangkir yang digunakan kali ini merupakan cangkir yang ukurannya agak sedikit lebih besar dari cangkir normal, tapi jangan terlalu besar. 

Tuangkan kopi hitam pekat hingga memenuhi 1/3 cangkir, kemudian tuang susu diatas kopi tadi (masih 1/3), lalu yang terakhir tuangkan foam susu diatasnya, setelah itu tinggal dikasih hiasan pake bubuk coklat ato pake susu coklat bubuk sedikit diatasnya.


Dan...cafe latte ala anak kos siap untuk dinikmati dengan sepotong bolu kukus dan sebatang superfine clove cigarettes. Asta la vista beibeee,.....

1 komentar:

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib