Cara Menyeduh Kopi Tubruk Yang Nikmat ala Mbah Putri

Selasa, Februari 11, 2014 abesagara 1 Comments


Saya sangat suka minum kopi, apalagi kalau yang menyeduh kopinya tuh mbah putri alias nenek saya. Jadi sekarang saya akan berbagi mengenai bagaimana cara menyeduh kopi tubruk yang nikmat ala nenek saya. Kopi seduhan mbah saya pokoknya tidak ada yang menandingi deh.


Pertama, yang harus kita lakukan adalah menyiapkan kopinya. Diutamakan kopinya yang masih fresh, karena semakin lama kopi itu terbuka, maka kualitas kopi semakin berkurang, karena udara yang masuk akan membuat kualitas kopi menurun.


Kedua, siapkan cangkir biasa, dengan ukuran normalnya cangkir. Lalu masukan kopi satu sendok makan munjung/penuh/full. Perlu diingat, jangan menaruh gula diatas kopi karena nanti kopinya tidak akan terseduh dengan maksimal dan mengurangi cita rasanya.


Ketiga, tuangkan air panas yang mendidih (direbus sampai bergelembung) kedalam kopi, menuangkannya dengan jarak yang agak tinggi antara cangkir dengan ceret airnya. 


Cara menuangkannya dengan cara diputar ceretnya mengelilingi lingkaran. Seperti diaduk, tapi pakai airnya. Bila prosesnya benar nanti kopi akan sedikit keluar busa/buih/cremanya.


Keempat, masukkan gula secukupnya, namun saran saya sih, jangan memasukkan gula terlalu banyak, perbandingan normalnya 1 : 1 antara kopi dengan gulanya. Karena jika gulanya terlalu banyak itu sama saja kita meminum air gula, bukan kopi. Essensi dari meminum kopi adalah dari pahitnya. Kalau bisa sih tidak usah pakai gula.


Kelima, kopi siap diminum, namun sebelum meminumnya, saya sarankan untuk berkumur terlebih dahulu supaya rasa kopinya dapat tersebar merata diseluruh permukaan lidah dan mulut, dan tentunya kopi akan terasa lebih mantap!


Tata cara meminum kopi yang benar : hirup dan rasakan aroma kopi hingga memenuhi aluran penciumanmu, kemudian sruput kopi secara perlahan-lahan, mili demi mili, srup...srup...srup...sruppuuut. Lalu jangan telan dulu kopi tersebut amun rasakan dulu dan ratakan keseluruh lidah anda dengan mengeap-ngecapnya baru ditelan. 


selamat, kamu telah meminum kopi ter enak ala nenek saya!

1 komentar: